Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Authors

  • Dina Mustika Rani Universitas Negeri Padang
  • Zulfikarni Zulfikarni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jeli.v3i1.97

Keywords:

project-based learning, audiovisual, teks berita

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi, rendahnya minat belajar siswa, dan kurangnya motivasi serta variasi model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran project-based learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks berita siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitiannya adalah the posttest only control group design. Data dianalisis menggunakan rumus presentase, rata-rata hitung, uji prasyaratan analisis data, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project-based learning berbantuan media audiovisual berdampak positif pada keterampilan menulis teks berita siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa secara signifikan, serta mendorong kreativitas dan minat belajar siswa.

References

Alotaibi, M. G. (2020). The Effect of Project-Based Leaming Model on Persuasive Writing Skills of Saudi EFL Secondary School Students. English Language Teaching, 13(7), 19–26

Bunga Febrimora Hendri. (2021). Pengaruh model PjBL berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Dwi, Listiyana., & Iwan, S. 2019. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Metode Investigasi Kelompok Pada Siswa Smp.”Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Metode Investigasi Kelompok | 453: 454–60.

Enawar, & Sopyan, S. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Kota Tangerang". Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 4(2): 247–56.

Istarani. (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Lestari, Suci., & Atmazaki. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Prezi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 2 Kota Sawahlunto”. Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2): 16744–53.

Manalu, L. S., & Arif, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Metode Pembelajaran STAD bagi Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018 (Vol. 1, pp. 215-222). FBS Unimed Press.

Maulia, S., & Ramadhan, S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Ketrampilan Menulis Teks. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 64–71

Rusyda, A., Ramadhan, S., & Juita, N. (2018). The Effect of Cooperative. Journal Education and Humanities Research, 234–238.

Saputro, K.I., Christina, K.S., & SW,W. 2021. “Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5): 1910–17.

Saragih, J. Y., Girsang, M. L., & Indryani, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 101732. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 7(2), 194–205.

Shanti, V. M., Syahrial, & Koto, I. (2016). Project Based Learning Approach to Improve Students Ability to Write Descriptive Text. Journal of Applied Linguistics and Literature, 2(2), 46–54.

Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294.

Wachyu, M. I., & Rukmini, D. (2015). The Effectiveness of Project Based Learning and Problem Based Learning for Teaching Biography Text Writing to Highly and Lowly Motivated Students. Language Circle: Journal Lof Language and Literature, 10(1), 61–71.

Wulandari, E., & Asri, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 59-67.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles