Keefektifan Kalimat pada Teks Eksposisi Siswa Kelas X MAN 1 Padang Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.24036/jeli.v3i2.77Abstract
Tujuan dari penelitian sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keefektifan kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X MAN 1 Padang Pariaman dari segi ketepatan penalaran. Kedua, mendeskripsikan keefektifan kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X MAN 1 Padang Pariaman dari segi ketepatan kebahasaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang akan diperoleh merupakan kata-kata dan kalimat yang diperoleh dari sumber data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, dilihat dari segi tepat penalaran yang terdiri dari ide yang logis dan kesatuan ide. Dari segi ketepatan penalaran ditemukan 22 kalimat yang tidak efektif dari segi ide yang logis dalam teks siswa. Kedua, dilihat dari segi tepat kebahasaan ditemukan 25 kalimat tidak efektif dilihat dari segi tepat unsur sintaksis. 47 kalimat tidak efektif dari segi unsur kalimat yang kurang, 7 kalimat tidak efektif dilihat dari segi tunsur kalimat yang kurang, dan 12 kalimat tidak efektif dilihat dari segi unsur kalimat yang paralel. Ketiga, dilihat dari tepat kata dan istilah yang terdiri dari tepat konsep dan tepat konteks pemakaian. Dari segi tepat konsep ditemukan 48 kalimat tidak efektif , dan 40 kalimat tidak efektif dari segi tepat konteks pemakaian. Keempat, dilihat dari segi tepat lafal dan ejaan, ditemukan 40 kalimat tidak efektif dari segi tepat ejaan, dan 68 kalimat tidak efektif dari segi tepat ejaan. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X MAN 1 Padang Pariaman belum mampu menulis kalimat dengan efektif. Dari hasil yang diperoleh membuktikan bahwa keefektifan kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X MAN 1 Padang Pariaman masih rendah.
References
Anissa Dwi Utami, Miftahul Fadlilah, Nadya Quratul Aini, & Rahmi Aulia Syafutri. (2024). Struktur dan Ciri-Ciri Teks Argumentasi dalam Bahasa Indonesia: Analisism dan Contoh. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 234–243. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.845
Arsya Ramadhani, Dini Sustiani, Ikhwatika Putri Hardiansah, Kalista Fitri Maharani, Nazhifa Destrianti Farradina, Asep Purwo Yudi Utomo, & Rina Sari Madyaningtyas. (2024). Analisis Keefektifan Kalimat pada Teks Laporan Hasil Observasi di Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kelas X yang Disusun oleh Indri Anatya Permatasari, M.Pd. sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Pemahaman. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(6), 58–89. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i6.1076
Dewi, A. (2016). Kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 12 Konawe Selatan. Jurnal Humanika, 1(16), 1–19.
Hasanudin, C. (2018). Kajian sintaksis pada novel sang pencuri warna karya yersita. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 19–30.
Musfiqon, H. M. (2016). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Nababan, E. B. (2021). Keefektifan Kalimat Berdasarkan Kategori, Fungsi, dan Peran Sintaksis pada Artikel yang dimuat di Media Online. Kode: Jurnal Bahasa, 10(4), 112–124.
Pahrun, R. (2021). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(1), 11–22.
Parto, P. (2020). Berkomunikasi Efektif dengan Kalimat Efektif dalam Bahasa Indonesia. Mediakom, 3(2), 167–179.
Ramadhanti, D. (2015). Penggunaan Kalimat Efektif dalam Karya Ilmiah Siswa: Aplikasi Semantik Studi Kasus Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Lembah Gumanti. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 167–173.
Randi, R. S. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 3 Pontianak. Satya Widya, 39(2), 87–96. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p87-96
Santi, A., Kurniawan, K., & Abidin, Y. (2023). Analisis kebutuhan desain model pembelajaran komunitas sosial untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi di SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 549–558.
Sari, R., Azima, N. F., Muhammadi, & Suriani, A. (2021). Peningkatan Keteampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Di Kelas V Sdn 19 Santur Kota Sawahlunto. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.
SIMAREMARE, J. A. (2019). Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif terhadap Kemampuan Menganalisis Surat Resmi Berperihal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Semester V TA 2018/2019. Jurnal Suluh Pendidikan, 7(2), 64–76.
Widarmanto, T. (2017). Pengantar Jurnalistik Panduan Awal Penulis dan Jurnalis Edisi Revisi. Araska Publisher.
Windi, W., Aswar, N., & Salmilah, S. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Dengan Menggunakan Model Example Non Example Pada Siswa Kelas Vi Di Sdn 54 Salupikung. Dirasatul Ibtidaiyah, 4(2), 171–180. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i2.12431.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hanifa Zahra, Zulfikarni Zulfikarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.