Nilai Moral dalam Novel Hi, Serena Adreena dan Relevansinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24036/jeli.v3i1.83Keywords:
nilai moral, novel Hi, Serena Adreena, pembelajaran Bahasa Indonesia, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Hi, Serana Adreena karya Gisel A. Orealine serta mengkaji implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah menengah atas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui perspektif psikologi sastra yang membedakannya dari kajian sosiologis sastra pada penelitian sebelumnya. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah novel Hi, Serana Adreena, sedangkan data penelitian berupa kutipan-kutipan narasi maupun dialog yang mengandung nilai-nilai moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai nilai moral yang terkandung dalam novel, meliputi kejujuran, tanggung jawab, kasih sayang, keberanian, dan toleransi yang dikategorisasi dalam tiga dimensi: hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain, dan hubungan manusia dengan Tuhan. Kebaruan penelitian terletak pada penerapan pendekatan psikologis sastra untuk menganalisis kompleksitas kejiwaan tokoh dalam menghadapi dilema moral, serta fokus pada novel kontemporer yang merepresentasikan nilai moral generasi milenial. Nilai-nilai tersebut ditampilkan melalui tokoh, alur cerita, dan konflik yang dihadapi oleh tokoh utama. Novel ini memiliki potensi sebagai media pembelajaran inovatif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada aspek apresiasi sastra yang dapat menumbuhkan karakter empati, tanggung jawab, dan ketahanan mental peserta didik, serta mengembangkan kemampuan literasi emosional dan pemahaman teks sastra secara mendalam. Dengan demikian, novel Hi, Serana Adreena tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga berfungsi sebagai instrumen pendidikan karakter yang efektif dalam proses internalisasi nilai-nilai positif melalui pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis psikologi sastra di sekolah.
References
Ainu Zumrudiana, M. P., Pd, I. W. L. M., Achmad Baidawi, M. P., Alinea Dwi Elisanti, S. K. M. M. K., & MEDIA, C. V. A. (2021). Pendidikan Karakter. Agrapana Media. https://books.google.co.id/books?id=fcAZEAAAQBAJ
Ananda, M. R., & Anggraini, D. (2023). Nilai-Nilai Moral dalam Novel Sagaras Karya Tere Liye dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.33
Avineri, N., Graham, L. R., Johnson, E. J., Riner, R. C., & Rosa, J. (2018). Language and social justice in practice. In Language and Social Justice in Practice. https://doi.org/10.4324/9781315115702
Bazzi, S., Blair, R. A., Blattman, C., Dube, O., Gudgeon, M., & Peck, R. (2022). the Promise and Pitfalls of Conflict Prediction: Evidence From Colombia and Indonesia. Review of Economics and Statistics, 104(4), 764–779. https://doi.org/10.1162/rest_a_01016
Dwi Nopiyadi, Dwiyana, R., & Putri, A. S. (2022). Analysis On Moral Values On Laskar Pelangi Novel By Andrea Hirata And Its Utilization Literature Teaching Materials In Senior High School. הארץ, 1(8.5.2017), 2003–2005.
Jurahman, Y. D. (2022). Implementasi Mendongeng pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Penanaman Karakter Anak Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 161–167. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p161-167
Kurniawan, D., & Rambe, A. H. (2024). Implementation of Character Education Through Indonesian Language Learning in Elementary Schools. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 6(3), 1–12. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i3.6166
Nugrahani, F. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Materi Membaca Novel Sastra. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 113–125. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.40
Primayana, K. H. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 50–54. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1542
Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16. https://doi.org/10.30659/j.8.1.16-24
Rabiah, S. (2014). Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Sastra Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Universitas Muslim Indonesia, 1–11.
Rabiah, S. (2019). Character Education through Indonesian Language Course on Higher Education. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012069
Rahmansyah, F. (2021). Nilai Moral Dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra DI SMA.
Revita, F., Dewa, M., Anjani, L., & Fatoni, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Al-Irsyad Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11610
Rinaldi Eko Saputro. (2022). Nilai Pantang Menyerah Dan Kreativitas Pada Film Tanah Cita – Cita Serta Relevansinya Dalam Membangun Karakter SISWA SD/M. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Rofiq, A., & Munifah, M. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Novel “Janji” Karya Tere Liye Tahun 2021. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 91–94.
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis [The insertion of character education through Indonesian language learning is viewed from a theoretical perspective]. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472.
Santoso, T., Sujianto, Afianto, D., Saputro, D., Sabardila, A., Fauziati, E., & Markhamah. (2020). Character education values in revised edition of the Indonesian language learning curriculum for year 10. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 417–424. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080212
Srimawirya, S., Musaddat, S., Jaelani, A. K., & Gunayasa, I. B. K. (2021). Analisis nilai pendidikan karakter pada materi cerita pelajaran bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 9(1), 1–10.
Suhartina, Syarifah Halifah, & Alfina Fikra Frazila. (2024). Pengembangan Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidayyah Suhartina 1 Syarifah Halifah 2 Alfina Fikra Frazila 3 123 IAIN Pare-pare, Indonesia. 4(2), 142–152. https://dmi-journals.org/deiktis/index
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1. https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100
Uly, H. (2019). Nilai Perjuangan Dalam Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya J.S. Khairen. Prosiding SENASBASA, 3(2), 685–693.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andini Rahma Putri, Zulfikarni Zulfikarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.