Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok

Authors

  • Lidia Aulia Rahman Universitas Negeri Padang
  • Amril Amir Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jeli.v3i1.103

Keywords:

menulis, pembelajaran berdiferensiasi, teks laporan hasil observasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Hiliran Gumanti, sebuah sekolah terisolir di Kabupaten Solok. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang menyesuaikan konten, proses, dan produk pembelajaran berdasarkan kesiapan belajar, minat, serta gaya belajar peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi kelas, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber dan teknik. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII dan satu guru Bahasa Indonesia. Identifikasi gaya belajar dilakukan terhadap seluruh siswa melalui data observasi guru BK dan guru mata pelajaran, yang menunjukkan variasi visual, auditori, dan kinestetik dalam satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi telah diterapkan melalui adaptasi konten, proses, dan produk. Diferensiasi konten meliputi penyediaan bahan ajar beragam seperti buku cetak, presentasi, dan video yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik. Proses pembelajaran mengintegrasikan Project Based Learning berbasis Social Emotional Learning, menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, memotivasi, dan kolaboratif. Namun, diferensiasi produk masih terbatas karena hasil karya peserta didik cenderung seragam. Penilaian dilakukan secara adil dan formatif dengan umpan balik konstruktif. Meski terdapat keterbatasan.

Author Biographies

Lidia Aulia Rahman, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang.

Amril Amir, Universitas Negeri Padang

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang.

References

Badan Standar, K. dan A. P. (BSKAP). (2024). Keputusan Kepala BSKAP No. 032 tentang Capaian Pembelajaran (CP)-2024.

Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022, Januari 6). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Research Center. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Fitri, A. A., & Nani Solihati. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Proses melalui Gaya Belajar Siswa pada Materi Menulis Laporan Hasil Observasi. Semantik, 12(2), 221–232. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i2.p221-232

Hardiansyah, H., Asmawi, U. S., Miftakhuddin, M., & Darmasnyah, A. (2024). Media Pembelajaran Inovatif : Desain Lembar Kerja Peserta Didik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Basicedu, 8(4), 3341–3347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8535

Ma’wa, A., Suparmanto, Abdurrahman, A., Najwa, D. Q. N., & Karim, S. M. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Proyek Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Kalim : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 172–188. https://doi.org/10.60040/jak.v2i2.31

Prasantika, A., & Suasti, Y. (2024a). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Buana, 300–310. https://doi.org/10.24036/buana/vol8-iss1/3743

Prasantika, A., & Suasti, Y. (2024b). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jurnal Buana Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, 8, 300–310. DOI https://doi.org/10.24036/buana/vol8-iss1/3743

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-ability Classrooms (2 ed.). Association for Supervision and Curriculum Development.

Wulandari, G. P. A. T., Sudiana, I. N., Yasa, I. N., & Handayani, N. M. Y. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 451–464. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i2-9

Yani, R., Pratiwi, N., & Isman, M. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Budi Utomo Binjai. Dalam JMP-DMT (Vol. 4, Nomor 2).

Yel Emiza, W., Amril, A., & Afnita. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka pada Kelas X SMAN 1 Lareh Sago Halaban untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Berarakter. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 4, 603–610.

Downloads

Published

2025-08-17

Issue

Section

Articles