Pengaruh Model PJBL Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.24036/jeli.v3i1.100Keywords:
keterampilan menulis teks tanggapan, project based learning (pjbl), media audiovisual, model pembelajaran konvensionalAbstract
Terdapat tiga teori dalam penelitian ini. Ketiga teori tersebut digunakan dalam menganalisis dan membahas hasil temuan peneliti dalam penelitian ini. Pertama, keterampilan menulis teks tanggapan. Kedua, model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audiovisual. Ketiga, model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Sampel penelitian ini 34 orang untuk kelas eksperimen dan 34 orang untuk kelas kontrol. Sampel penelitian yang digunakan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks tanggapan. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t. Berdasarkan penganalisisan data dan pembahasan, dapat disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang menggunakan model Project Based Learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,27. Kedua, keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 56,50. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung > ttabel (8,63 > 1,697). Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Project Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Penelitian ini dapat memperkaya kajian pembelajaran keterampilan menulis berbasis proyek pada level SMP dalam konteks Kurikulum Merdeka.
References
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Putri, R. D., & Syahrul, R. (2019). Pengaruh penggunaan teknik Think‑Talk‑Write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri [Artikel jurnal nasional]. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1966–1975.
Mahmud, T. (2017). Identifikasi paragraf argumentasi dalam karya berbentuk cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa, 5(1), 48–56.
Ambarsari, M., Solihatulmilah, E., & Mualimah, E. N. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Cibeber. DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal), 4(1), 24–31.
Rizki, M., & Hartati, N. (2023). Minat dan Tantangan Siswa dalam Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jurnal Aksara, 11(2), 10–18.
Afiati, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Tanggapan Kritis dengan Media Komik Kosong. Tajdidukasi Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 37-51.
Mulyati, Y., & Rukayah. (2015). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. hlm. 143.
Fitriyani, E. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menulis Teks Tanggapan di Kelas VIII SMP Negeri 4 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(1), hlm. 71.
Wulandari, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media terhadap Keterampilan Menulis Teks Tanggapan. Jurnal Pengajaran Bahasa Indonesia, 6(2), hlm. 92.
Kirana, G., & Warsiman, W. (2023). Analisis kesalahan berbahasa pada teks berita siswa kelas VIII berdasarkan Ejaan yang Disempurnakan. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2), 119–132. https://journal.upgripnk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/4737
Kurniawan, D. (2021). Pengaruh Pemilihan Model Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), hlm. 81.
Utami, R. & Anggraini, S. (2024). Efektivitas Model PjBL dalam Keterampilan Menulis. Bandung: Remaja Rosdakarya. hlm. 66.
Irsyad. A. M.. & Anggraini, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 114-121.
Wismanto, A. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Berita. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 116-125.
Baginda, F. A.. & Hidayat. M. (2021). Pengembangan Media Video Audio Visual Ekosistem Mangrove. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1). 28-39.
Ichsan. J. R., Suraji. M. A. P. Muslim, F.A. R. R., Miftadiro, W. A., & Agustin. N. A. F. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. SVHRP. 183-188.
Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2).
Siman. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Esai. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 7(1), 1-15.
Muliani, D., Nurmanik, T., & Susilawati, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 141-150).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gusri Ananda Syaputri, Amril Amir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.