Analisis Ketepatan Ejaan dalam Teks Deskripsi Siswa SMP Muhammadiyah 6 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jeli.v3i2.93Keywords:
ketepatan ejaan, teks deskripsi, kalimat efektif, keterampilan menulis, siswa smpAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ketepatan penggunaan ejaan dalam teks deskripsi yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Fokus analisis mencakup tiga aspek utama, yaitu penggunaan huruf kapital, tanda baca (titik, koma, titik dua), dan penulisan kata (kata ulang, singkatan, dan kata depan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dari hasil tugas menulis siswa dan dianalisis berdasarkan indikator kalimat efektif serta kaidah ejaan Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar teks masih mengandung kesalahan. Pertama, penggunaan huruf kapital tidak konsisten, misalnya pada penulisan nama tempat dan istilah khusus. Kedua, pemakaian tanda baca sering kali tidak tepat, terutama penggunaan koma dalam kalimat panjang yang seharusnya dipisah. Ketiga, penulisan kata kerap menyimpang dari kaidah ejaan, seperti penulisan kata depan di dan ke yang digabung dengan kata berikutnya, penulisan kata ulang tanpa tanda hubung, serta penggunaan singkatan tidak baku. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan pembelajaran menulis yang menekankan pada penerapan kaidah ejaan Bahasa Indonesia secara konsisten, agar keterampilan menulis siswa, khususnya dalam konteks akademik, dapat lebih baik dan sesuai standar.
References
Anggraini, D., Ngusman, A.M., Syahrul, R. (2019). Kontribusi Pengetahuan Jurnalistik terhadap Ketetampilan Menulis Berita Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Padang. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Seni. 20 (1). 56—67.
Alber A., Sukenti, D. & Ramadan, N. (2024). Penilaian Keterampilan Menulis Guru: Melibatkan Pengetahuan Budaya Melayu dalam Pembelajaran di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 9(1), 80—94.
Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356–370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112
Cahyani, C. G. (2025). Analisis Kesalahan Penerapan Ejaan pada Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Al-Zahra Indonesia Tahun Pelajaran 2024/2025 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Domi, M., Henanggil, F., Ningsih, A. G., & Indriyani, V. (2022). Proceedings of the 5th International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE-5 2022). In Proceedings of the 5th International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE-5 2022). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-85-5
Hernisa, L., Repelita T., Alzahra, R., &, Utami, R.D. (2025). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia di Kalangan Gen Z (Studi Kasus Kalangan Gen Z). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(2B), 124—129.
Kemendikbudristek. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 (Issue 021).
Kemdikbud. (2022). Ejaan yang Disempurnakan Edisi V. 16 Agustus 2022.
Mia Munawaroh , Sinta Rosalina2, M. J. I. A. (2023). Analisis Ketepatan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Teks Deskripsi Karangan Siswa Kelas VII SMP 1 Cilebar. Innovative, 2(2), 2259–2266.
Moleong, L. . (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Paida, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII Berbasis Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 4(3), 1320–1325. http://dx.doi.org/10.37985/jer.v4i3.375
Pramudita,Shinta Tri , Setiyono,Joko 2, S. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII D SMP Plus Al-Amanah Dander Tahun Ajaran 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi).
Safitri, A. R. (2025). Analisis Kesalahan Ejaan dan Faktor Penyebab pada Teks Deskripsi Siswa Kelas IX SMP. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 13(1), 1—21.
Siregar. (2022). No קשה לראות את מה שTitleהכיבאמת לנגד העינים. In הארץ (Issue 8.5.2017).
Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13–20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadinda Sukma Nadiva, Dewi Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.