Struktur, Isi, dan Kebahasaan Teks Posedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sutera

Authors

  • Mutiara Alvionita Universitas Negeri Padang
  • Dewi Anggraini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jeli.v1i1.23

Keywords:

structure, content, language, procedure text

Abstract

The purpose of this research is to describe the structure, to describe the contents, and to describe the language of procedure text for seventh-grade students of SMP Negeri 1 Sutera. This research applied qualitative with descriptive methods. The source of the data is written procedure text for seventh-grade students of SMP Negeri 1 Sutera. The data are collected through documentation studies. The data validation technique in this study is a triangulation technique (cross-check). The data were analyzed based on the aspects of structure, content, and linguistics of the procedure text. The results of the study concluded as follows. First, all the procedure texts have titles, only 23 have objectives, all 30 texts have tools or materials and steps, and on the closing part, students were not able to write a good closing of a procedure text. Second, in terms of content, it was found that there are 20 complete procedure texts and 10 incomplete procedure texts. Third, there are 113 appropriate imperative and 45 inappropriate imperative sentences, 63 correct adverbs, and 3 incorrect adverbs, and there are 385 correct conjunctions and 19 incorrect conjunctions.

References

Alvidril dan Ratna. 2021. Struktur, Isi, dan Unsur Kebahasaan Teks Prosedur Karya Siswa Kelas IX MIPA SMA Negeri 5 Padang. Vol. 10 No 2 Juni 2021: 34-44.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asriati, Maharani Dwi Putri, dan Erizal Gani. 2019. Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 8 No. 3 September 2019. Seri C 226-230.

Ayu, Andini Sukmana. 2019. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan serta Mengembangkan Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Sarjana Thesis. Universitas Siliwangi.

Chaer. Abdul. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer. Abdul. 2009. Sintaksisi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, Rini dan Tri Indrayanti. 2015. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Surabaya: Victory Inti Cipta.

Guci, Khairani Ulya dan Hafrison. 2019. Kontribusi Pemahaman Teks Prosedur Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 8 No. 3 Juli 2019; Seri D 201-209.

Harsiati, Agus, dan E. Kosasih. 2016. Bahasa Indonesia (Buku Ajar) SMP/ MTs Kelas VII). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang: Kemdikbud.

Harsiati, Agus, dan E. Kosasih. 2017. Bahasa Indonesia (Buku Ajar SMP/MTs Kelas VII). (Edisi Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2013. Model Pengembangan Rencana Pembelajaran SMP. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan SMP.

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keraf, G. 2004. Komposisi Sebuah Kemahiran Berbahasa. Flores: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih. 2016. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lusita, Juvira. 2019. Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Skripsi. Padang: FBS UNP.

Mahsun, 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, Lexy, J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy, J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Yadi. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas.

Mulyadi, Yadi. 2014. Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Media.

Mustika, Delfitria, Nursaid, & Ena Noveria. (2018). Struktur, Diksi, dan Kalimat dalam Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Padang. Jurnal Pendiidkan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (7) seri A 39-444.92.

Mustyka, Olivia. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bukit Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, Vol. 2 No. 1 Maret 2019.

Priyatni, E. T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahardi, K. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryati, Intan. 2017. Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. (skripsi). Padang: FBS UNP.

Ulfa, Wildani. 2019. Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok. (Skripsi). Padang: FBS UNP.

Utami, Mimi Putri, Andria Catri Tamsin, dan Hafrison. 2019. Pengaruh Teknik Pemodelan Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prsedur Kompleks Siswa Kelas XI SMKN 1 TAPAN. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 8 No. 1 Maret 2019; Seri B 121-128.

Wuryandari, Pratiwi, Ita, Darta. 2019. Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Menentukan Struktur Langkah-langkah pada Teks Prosedur Melalui Metode Scramble di Kelas XI Akuntansi SMK Budi Raksa Lembang. Jurnal Garda Guru. Volume 01 Nomor 02, Juni 2019.

Downloads

Published

2024-01-08

Issue

Section

Articles