Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Proses Pembelajaran Teks Deskripsi di SMP
DOI:
https://doi.org/10.24036/jeli.v3i1.86Keywords:
tindak tutur, strategi bertutur, teks deskripsiAbstract
Dalam proses pembelajaran, guru mengekspresikan diri melalui tindak tutur yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif dan strategi bertutur yang digunakan oleh guru selama kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil menunjukkan lima bentuk tindak tutur direktif, dengan jenis menyuruh paling dominan, serta empat strategi bertutur, di mana strategi terus terang dengan kesantunan positif digunakan paling sering. Temuan ini memperlihatkan bahwa guru cenderung memilih cara bertutur yang jelas namun tetap menjaga hubungan sosial dengan siswa. Strategi samar-samar jarang digunakan karena berpotensi menimbulkan ambiguitas dan salah tafsir. Implikasinya, guru perlu menyadari bahwa pilihan strategi bertutur tidak hanya memengaruhi kejelasan instruksi, tetapi juga membentuk iklim kelas dan partisipasi siswa. Oleh karena itu, pelatihan komunikasi edukatif yang mempertimbangkan kesantunan dan efektivitas penyampaian pesan menjadi penting untuk mendukung kualitas pembelajaran.
References
Abdussamad. (2021). Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Austin, J. L. (1962). How to Do Things with Words. Oxford: Clarendon Press.
Brown, P., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some Universals in Language Usage. Cambridge: Cambridge University Press.
Finasti, A. A., & Noveria, E. (2024). Tindak tutur direktif dan strategi bertutur guru dalam pembelajaran teks deskripsi kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 17986–17994.
Fitrah, M., & Luthfiyah, H. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Has, E., & Amir, A. (2024). Tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pariaman. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(8), 122–132.
Hildawati, H., Suhirman, S., & Riyadi, M. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa Data Statistik. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Hymes, D. (1974). Foundations in Sociolinguistics: An Ethnographic Approach. Philadelphia: University of Pennsylvania Press.
Lukman, L., & Said, I. M. (2022). Strategi kesantunan pemain game dalam saluran YouTube “Jess No Limit”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(1), 63–76.
Maghfiroh, N. (2022). Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 102–107.
Mahesra, M. (2022). Tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 3 Padang (Skripsi). Universitas Negeri Padang.
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Manurung, L. W. (2021). Strategi bertutur menolak dan strategi kesantunan dalam peristiwa tutur Marhata Sinamot pada pernikahan adat Batak Toba. Jurnal Bahasa dan Budaya, 6(2), 211–224.
Marwati, H., & Waskitaningtyas, K. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Searle, J. R. (1979). Expression and Meaning: Studies in the Theory of Speech Acts. Cambridge: Cambridge University Press.
Triana, H., Mufrihah, M., Syukri, H., Haron, R. B., & Indriyani, V. (2024). Illocutionary force in @Udario.Id Instagram content promotion. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 19(1), 46–53. [https://doi.org/10.18860/ling.v19i1.25898](https://doi.org/10.18860/ling.v19i1.25898)
Wandan Sari, D. (2024). Tindak tutur direktif antara guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX-H SMP Negeri 14 Kota Jambi (Tesis). Universitas Jambi.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Yani, A. P. Y., & Noveria, E. (2024). Tindak tutur direktif guru dalam interaksi belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5183–5194.
Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reni Putri Maiheni, Ermawati Arief

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.