Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 25 Sijunjung
DOI:
https://doi.org/10.24036/jeli.v3i1.72Keywords:
implementasi, kurikulum merdeka, pembelajaran bahasa indonesiaAbstract
Salah satu aspek penting dalam Kurikulum Merdeka adalah bagaimana mengimplementasikan Kurikulum Merdeka kepada peserta didik. Kurikulum Merdeka adalah sebuah konsep pendidikan yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Konsep ini bertujuan untuk mendorong peserta didik dalam mengatur dan mengelola proses belajar mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 25 Sijunjung. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 25 Sijunjung telah berjalan cukup baik. Pada tahap perencanaan, guru telah menyusun modul ajar sesuai prinsip Kurikulum Merdeka. Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran berbasis projek dan diferensiasi sudah mulai diterapkan, meskipun masih ada kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran. Sedangkan dalam tahap penilaian, guru telah menerapkan asesmen formatif dan sumatif sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, meskipun pemahaman terkait teknik asesmen alternatif perlu ditingkatkan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan lebih lanjut dalam implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah.
References
Achmad, G. H. (2021). Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan Agama Islam. Yasin, 1(2), 246–261. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i2.130
Ananda, R., Wibisono, W. C., Kisvanolla, A., & Purwita, P. A. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(2), 693–708. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.4028
Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 1896–1907. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.995
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Ismail, R. (2018). Perbandingan keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595
Istiqomah, L. (2017). Dinamika Perubahan Kurikulum: Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 PAUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 39–52. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-04
Kristanti, Y. D., Subiki, S., & Handayani, R. D. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma 1). Jurnal Pembelajaran FIsika, 5(2), 122–128.
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/840
Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (1967). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Mi, 5–24.
Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85–100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513
Ningrum, R. C., & Pujiastuti, H. (2023). Analisis Permasalahan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(3), 3236–3246.
Nur, M. D. (2021). Analisis Kurikulum 2013. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 484–493. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.239
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Ramadhan, S., Tressyalina, & Zuve, F. O. (2009). Buku Ajar Buku Ajar Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Rosa, P. H. P. (2023). Peningkatan Kesiapan Guru Informatika Kabupaten Magelang Untuk Mengimplementasikan Mata Pelajaran Informatika Dalam Kurikulum Merdeka. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 29–36. https://doi.org/10.24071/aa.v6i1.5856
Samarenna, D. (2020). Dunia Pendidikan Pengajaran di Era New Normal. HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 5(2), 135–147. https://doi.org/10.52104/harvester.v5i2.47
Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417
Strauss, A., & Corbin, J. (2007). Teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan. Pengolahan Air Limbah Domestik Individual Atau Semi Komunal, 189–232.
Widiastuti, S. (2015). Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 59–71. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907
Wulan Dewi, L. M. A., & Astuti, N. P. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sdn 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 31–39. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.128
Wulandari, S., Sawita, N., & Rustam, R. (2022). Efektivitas Blended Learning Berbasis Proyek Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 211–221. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.865
Yuliyanti, Y., Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). Perkembangan Kurikulum Sekolah Dasar Di Indonesia Dan Perbedaan Dengan Kurikulum Di Beberapa Negara. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 95. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7271
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gusmijo Rawitin, Atmazaki Atmazaki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.