Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu
DOI:
https://doi.org/10.24036/jeli.v2i1.40Keywords:
artikel ilmiah populer, keterampilan menulis, pengaruh, project based learning, pjblAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Desain yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan control group pretest -posttest design. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan (eksperiment) dan kelas yang tidak diberi perlakuan (kontrol). ). Intrumen penelitian dalam penelitian ini berupa tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banuhampu sebelum dan sesudah. Berdasarkan uji-t dari kedua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen bahwa diketahui uji-t kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (5,52>4,58). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model project based learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu dibandikan dengan pembelajaran langsung atau tanpa penggunaan model pembelajaran.
References
Dalman. (2012). Menulis Karya Ilmiah. Bandar Lampung: UM Lampung Press.
Fauziati, Fauziati (2018) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMPNegeri 2 Bayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Irsyad, A. M., & Anggraini, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 114-121. Karya Ilmiah Populer. Https://www.gramedia.com/literasi/karya-ilmiah-populer/ (online) diunduh pada tanggal 15 september 2023.
Misra, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong. Jurnal Kreatif Online, 1(2).
Nugraha, J., Zulela, M. S., & Fuad, N. (2020). “Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Metode Problem Based Learning di Kelas IV SDN 3 Selajambe”. Dwija Cendikia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 226-236.
Pangewa, Maharuddin. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Rahmadani, S., Arief, E., & Noveria, E. (2016). Pengaruh Model Think Pair Spare terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 438-445
Rohman, M. A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Model Creative Problem Solving (Cps) Pada Siswa Kelas VIII A 3 SMP Sultan Agung Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Saud, S. (2016). Penerapan Model SAUD dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahas Jerman FBS UNM
Sapitri, Y., & Abdurrahman, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA NEGERI 14 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 510-516.
Setyorini, R. (2020). “Peningkatan Kreativitas Menulis Artikel Ilmiah Populer Melalui Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (Ibl): Array”. Dialektika Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 419-431.
Sukardi; Wr, Bambang; dan Sugiyarti, Indah. (2016). “Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas IX SMP Negeri I Bringin Dengan Pembelajaran Saintifik Berbasis Media Massa”. Http://jurnal.unimus.ac.id (online) diunduh pada tanggal 20 Agustus 2023.
Tarigan, B., & Verina, N. (2020). Analisis Penerapan Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan.
Tarigan, H.G. (1987). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahma Yani, Farel Olva Zuve
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.