Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tigo Nagari
DOI:
https://doi.org/10.24036/jeli.v3i2.90Keywords:
implementasi, pjbl, menulis teks beritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk implementasi model Project Based Learning pada pembelajaran menulis teks berita pada kelas VII SMP Negeri 3 Tigo Nagari, dengan melihat bagaimana merancang, melaksanakan dan melakukan penilaian hasil belajar pada pembelajaran menulis berita. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Tigo Nagari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII dan siswa. Analisis data dilakukan dengan uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap subjek dan objek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, mengumpulkan data, reduksi data menyajikan data, verivikasi dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sudah telaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah PjBL, Meskipun semua langkah pembelajaran telah terlaksana dengan baik, namun masih ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya, yaitu tahap memonitoring karena keterbatasan dalam waktu yang hanya bisa dilakukan pada waktu pembelajaran sedangkan saat waktu pembelajaran habis maka pendidik tidak bisa memonitoring peserta didik. Namun peserta didik tetap bisa menyelesaikan proyek dengan waktu sesuai dengan jadwal dan menghasilkan karya yang baik.
References
Akhadiah, Sabarti. 2001. Menulis 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Andini, R. (2024). Analisis Kesesuaian Kurikulum Merdeka dengan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII "Bahasa Indonesia". Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 23357-23361.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ayu, Wulandari. (2023). Implementasi Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Bandung: Pustaka Pelajar Mandiri.
Ermanto. (2001). Wartawan handal dan profesional. Yogyakarta: Cinta Pena.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif: alternatif desain pembelajaran yang menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 113, 16.
Hasnun, A. (2006). Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: Andi.
Mahtumi. (2022). Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa. Yogyakarta: Penerbit Cerdas Bangsa.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Semi, M. A. (1995). Teknik penulisan berita: Feature dan artikel. Bandung: Mugantara.
Sumadria, (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan praktis jurnalis profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (MixednMethods). Bandung: CVAlfabeta.
Tesalonika, A. (2024). Teori dan Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Pustaka Edukasi Nusantara.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group
Wahyu, R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pembelajaran Matematik di SMP As-Salam Batu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yossi Hidayati, Mohamad Hafrison

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.