Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tigo Nagari

Authors

  • Yossi Hidayati Universitas Negeri Padang
  • Mohamad Hafrison Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jeli.v3i2.90

Keywords:

implementasi, pjbl, menulis teks berita

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  bagaimana  bentuk  implementasi  model Project  Based  Learning    pada  pembelajaran  menulis  teks  berita pada  kelas  VII  SMP Negeri 3 Tigo Nagari, dengan melihat bagaimana merancang, melaksanakan  dan  melakukan  penilaian  hasil  belajar  pada  pembelajaran  menulis berita.  Penelitian  ini  dilakukan  di  SMP  Negeri  3 Tigo Nagari. Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian  kualitatif  fenomenologi.  Subjek  penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII dan siswa. Analisis data dilakukan dengan uji validitas data  menggunakan  teknik  triangulasi  sumber.  Teknik  pengumpulan  data  dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap subjek dan objek penelitian. Teknik  analisis  data  dalam  penelitian  ini  yaitu,  mengumpulkan  data,  reduksi  data menyajikan  data,  verivikasi  dan  penarikan  kesimpulan..  Hasil  penelitian  menunjukan bahwa  guru menerapkan  model  pembelajaran Project  Based  Learning (PjBL)  sudah telaksana   dengan   baik   sesuai   dengan   langkah-langkah   PjBL,   Meskipun   semua langkah  pembelajaran  telah  terlaksana  dengan  baik,  namun  masih  ada  beberapa kekurangan  dalam  pelaksanaannya,  yaitu  tahap  memonitoring  karena  keterbatasan dalam  waktu  yang  hanya  bisa  dilakukan  pada  waktu  pembelajaran  sedangkan  saat waktu  pembelajaran  habis  maka  pendidik  tidak  bisa  memonitoring    peserta  didik. Namun  peserta  didik  tetap  bisa  menyelesaikan  proyek  dengan  waktu  sesuai  dengan jadwal dan menghasilkan karya yang baik.

Author Biographies

Yossi Hidayati, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri padang

Mohamad Hafrison, Universitas Negeri Padang

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang.

References

Akhadiah, Sabarti. 2001. Menulis 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Andini, R. (2024). Analisis Kesesuaian Kurikulum Merdeka dengan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII "Bahasa Indonesia". Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 23357-23361.

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ayu, Wulandari. (2023). Implementasi Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Bandung: Pustaka Pelajar Mandiri.

Ermanto. (2001). Wartawan handal dan profesional. Yogyakarta: Cinta Pena.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif: alternatif desain pembelajaran yang menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 113, 16.

Hasnun, A. (2006). Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: Andi.

Mahtumi. (2022). Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa. Yogyakarta: Penerbit Cerdas Bangsa.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Semi, M. A. (1995). Teknik penulisan berita: Feature dan artikel. Bandung: Mugantara.

Sumadria, (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan praktis jurnalis profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (MixednMethods). Bandung: CVAlfabeta.

Tesalonika, A. (2024). Teori dan Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Pustaka Edukasi Nusantara.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group

Wahyu, R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pembelajaran Matematik di SMP As-Salam Batu.

Downloads

Published

2025-08-19

Issue

Section

Articles