Penggunaan Kalimat Efektif dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti di Kabupaten Pesisir Selatan

Authors

  • Ruri Inggriani Universitas Negeri Padang
  • Ridha Hasnul Ulya Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jeli.v3i1.81

Keywords:

keterampilan menulis, kalimat efektif, teks eksposisi

Abstract

Keterampilan menulis menjadi salah satu keterampilan berbahasa yang penting. Keterampilan menulis yang baik mampu menghasilkan tulisan yang kritis, memengaruhi khalayak, dan mempermudah penyebaran informasi. Kalimat efektif berarti tidak adanya kerancuan, penulisan sesuai ejaan, makna dan tujuan jelas, serta bisa dipahami. Ada pun empat indikator kalimat efektif yang diperhatikan dalam penelitian ini, yakni kejelasan struktur, kelogisan makna, kehematan kata, dan kebakuan kata. Data dan sumber data penelitian ini adalah teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah human instrument. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik pancing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan kalimat tidak efektif, seperti penggunaan kata secara berulang, ketidakbakuan kata, penulisan ejaan yang tidak tepat, struktur pola dasar kalimat tidak tepat, dan kata yang tidak logis dalam kalimat.

References

Arifin, Z., & S A. Tasai. (2008). Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademia Presindo.

Draditaswari, S. (2020). Pengembangan Strategi Investigasi Kritis untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 6(1), 3508-3518.

Drani, A., Adisaputera, A., & Wuriyani, E. P. (2021). Effectiveness of Using Folklore Text Based Learning Media Literacy in Class X Students of MAN Tg. Pura. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 377-391.

Ermanto & Emidar. (2018). Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian Perguruan Tinggi. Depok: Rajawali Press.

Gusrita, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ekposisi Peserta Didik MAN 1 Sarolangun. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).

Helaluddin, & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani.

Riyaldi, W., & Muhammad, B. S. (2019). Yuk! Belajar Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Multikultural. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sumardi, A., Susanto, A., & Yulianti, S. (2020). Pengaruh Media Buku Saku untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks eksposisi siswa kelas X MAN 4 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-10.

Wulandari, F., L., & Marini, N. (2024). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Modeling The Way oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 10(1).

Downloads

Published

2025-08-07

Issue

Section

Articles