Pengaruh Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMPN 19 Padang

Authors

  • Anggi Metri Novita Universitas Negeri Padang
  • Yulianti Rasyid Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jeli.v3i2.80

Keywords:

pengaruh, think talk write, keterampilan menulis, teks berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang sebelum dan sesudah menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 19 Padang berjumlah 173 dengan sampel 30 orang. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan Teknik Think Talk Write. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang sesudah menggunakan Teknik Think Talk Write lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan Teknik Think Talk Write. Keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang sebelum menggunakan Teknik Think Talk Write berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 46,67. Keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang sesudah menggunakan Teknik Think Talk Write berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 73,89. Berdasarkan uji-t pada taraf 0,95 diperoleh >  (4,54>1,70). Dengan demikian, penggunaan Teknik Think Talk Write berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang sebelum dan sesudah menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 19 Padang berjumlah 173 dengan sampel 30 orang. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan Teknik Think Talk Write. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang sesudah menggunakan Teknik Think Talk Write lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan Teknik Think Talk Write. Keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang sebelum menggunakan Teknik Think Talk Write berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 46,67. Keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang sesudah menggunakan Teknik Think Talk Write berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 73,89. Berdasarkan uji-t pada taraf 0,95 diperoleh >  (4,54>1,70). Dengan demikian, penggunaan Teknik Think Talk Write berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 19 Padang.

Author Biographies

Anggi Metri Novita, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri padang

Yulianti Rasyid, Universitas Negeri Padang

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang

References

Cahyawati, D., & Gunarto, M. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19: Hambatan, tingkat kesetujuan, materi, beban tugas, kehadiran, dan pengelasan dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 150–161. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296

Ernawati, A. B. (2021). PjBL Implementation In Learning To Improve Student Creativity. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(6), 1–23.

Fano, B. G., & Afnita. (2019). KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 PADANG. 39–45.

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018). Pengaruh Konteks pada Ilustrasi Buku Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 41–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p41-50

Hamidah, N. F., Pradita, D. A. R., & Asy’ari, D. N. (2023). Improving Critical Thinking Skills In A Three-Variable Linear Equation System Through A Problem Based Learning Model In Class X Ma Nurul Ulum. 1, 109–116.

Khusnudin, R., & Anjarini, T. (2022). Model Pembelajaran Teams Games Turnaments Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 8(4), 1247. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.2577

Misna, M. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Think Talk Write Dengan Pemanfaatan Media Internet Pada Siswa Kelas Viii Di Pkbm Surya Muda Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2483–2491. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2820

Muaziz, N. N., Daryanto, J., & Kurniawan, S. B. (2020). Saling ketergantungan positif dari nilai kerja sama dalam model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament ( TGT ) pada pembelajaran matematika kelas III sekolah dasar. Jurnal Penelitian Sains, 12(4), 297.

Munirah, Bahri, A. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas III SD. Jurnal MATHedunesa, 2(2), 1–8. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk

Mustapa, A., Machmud, R., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jiksau Food. Jambura, 5(1), 2022. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

Pratiwi, A. B., Wihara, D. S., & Djoko, E. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial, Potongan Harga, Dan Pelayanan Prima Terhadap Keputusan Pembelian Toko RCK. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi 2022, 7, 469–473. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2244

Randi, R. S. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 3 Pontianak. Satya Widya, 39(2), 87–96. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p87-96

Salsabila, R., Indihadi, D., & Saputra, E. R. (2024). Penggunaan model pembelajaran kooperatif think-talk-write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks prosedur. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(1), 76–84. https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.19115

Salsabila, S., & Rahmawati, I. (2024). Pengembangan Media Jam Dan Puzzle (Jamp) Materi Pengukuran Waktu Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(10), 219–233.

Sari, B. M., & Suyadi. (2015). Permainan Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 2049–2058. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3047

Wijayanti, Y. N., & Nuryanto, S. (2019). Kefektifan Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Keterampilan Menuli Karangan Narasi. Joyful Learning Journal, 8(3), 136–141.

Wulandari, S., Rohana, R., & Yusuf, F. (2024). The Impact of the Think Talk Write Cooperative Learning Model on the Narrative Writing Skills of Fifth-Grade Students at SD Negeri 114 Mallenreng Sinjai Regency. ETEDU: Elementary of Teacher Education, 01(01), 32–43.

Yusniar, Idawati, & Saleh, M. (2025). Korelasi Antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gowa. April.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles