Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batusangkar
DOI:
https://doi.org/10.24036/jeli.v3i1.74Keywords:
struktur teks, kaidah kebahasaan teks, teks laporan hasil observasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan struktur dan kaidah kebahasaan teks laporan hasil siswa kelas X SMA Negeri 2 Batusangkar. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Data diperoleh dari teks laporan hasil observasi yang ditulis oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Batusangkar, yang dianalisis berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan. Peneliti sebagai instrumen penelitian. Data dikumpulan melalui teknik dokumentasi, sedangkan keabsahaan data menngunakan teknik triangulasi, yaitu dengan membandingkan hasil analisis teks, wawancara dengan guru bahasa Indonesia, dan dokumentasi hasil tugas siswa, guna memastikan kebasahan temuan mengenai struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. Proses analisis data mencakup tiga tahap utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teks yang dianalisi sebanyak 25, namun ada 2 teks yang tidak layak untuk diteliti. Dari 23 teks, sebanyak 19 teks sudah memiliki ketiga struktur teks laporan hasil observasi yaitu definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat, sedangkan 3 teks belum lengkap penggunaan strukturnya. Selanjutnya, dari 23 teks laporan hasil observasi, sebanyak 22 teks sudah memiliki kaidah kebahasaan yang tepat yaitu kalimat definisi, kalimat deskripsi, kata benda (nomina), kata kerja material, kata sifat (adjektiva), dan konjungsi, sedangkan 1 teks lainnya belum memenuhi kaidah kebahasaan secara lengkap.
References
Adly, N. (2022). Struktur, Isi, dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Padang. (Skripsi). Padang: FBS UNP.
Aini, N. L., Haryadi, & Nas, H. (2023). Penggunaan Media Microsoft Teams dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X di SMAN 2 Kudus. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran), 2(1), 145-167.
Aulia, F. T & Gumilar, S. I. (2021). Cerdas Cerdas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Dewi, N. K. R. P. Y. C., Tantri, A. A. S. & Indriani, M. S. (2024). Struktur dan Kebahasaan Video Tokoh pada Kanal “Kesultanan Indonesia” serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Teks Biografi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14(1), 105-117.
Dewi, S. M., & Ermawati, A. (2020). Analisis Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 9(3), 23-32.
Ellza, Winarsih, E., & Rukmini, E. (2025). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Pendekatan Experiential Leraning pada Kelas VIII SMP Islam Terpadu Bakti Ibu Kota Madiun. JITERA: Journal in Teaching and Education Area, 2(1), 103-114.
Fatmah, D., Suhatono, S., & Gumono, G. (2020). Peningkatakan Kemampuan Menulis Pragaraf Deduktif dan Induktif dengan Menggunakan Model Picture and Picture di Kelas X Program IPS SMA Negeri 1 Kepahiang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(1), 27-43.
Fitri, H., & Tamsin, A. C. (2024). Struktur, Isi, dan Unsur Kebahasaan Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Journal of Education Language and Innovation, 2(1), 11-24.
Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam”. An-nuur: The Journal of Islamic Studies, 13(2), 1-6.
Husnullail, M., Risnita, M., Jailani, M. S., & Asbui. (2024). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Riset Ilmiah”. Journal Genta Mulia, 15(2), 70-78.
Laila, E. (2023). Analisis Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Susua Tahun Pelajaran 2021/2023. KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 13-23.
Listikal, E. (2023). Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kerinci. (Skripsi). Padang: FBS UNP.
Mulyati, A., & Hanifah, N. (2022). Intisari Materi Bahasa Indonesia SMA. Jawa Barat: CV Jejak, Anggota IKAPI.
Octarini, D., &Noveria, E. (2023). Struktur dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Kerinci. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(1), 38-152.
Purnama, D., Febriyanto, B., & Mahpudin. (2024). Pengaruh Teks Mutimodal terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 9(2), 77-83.
Putri, O. S. (2023). Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP SIMA Padang. Skripsi. Padang: FBS UNP.
Ropiah, H. S., Genisa, G. R., & M., Fauzan, A. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Menganalisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan dalam Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) dengan Model Problem Based Learning (PLB). Jurnal Diksatrasia, 8(2), 374-387.
Sari, I. P. Artati, & Anggereani, D. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Pembelajaran Cooperative Scipt di Kelas VII SMP N 5 Lubuk Linggau. Silampari Journal Sport, 4(2), 149-163.
Septiandari, D., & Khaerunnisa. (2023). Analisis Kebahasaan pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(1), 410-415.
Untara, W. (2013). Kamus Bahasa Indonesia: Edisi Revisi. Yogyakarta: Kawah Media
Wardani, D. R. (2020). Penerapan Model Think Talk Write dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sanden. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan. 7(2), 202-211.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmi Dia Fitri, Ena Noveria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.