Tindak Tutur Direktif Guru dan Strategi Bertutur Guru pada Pembelajaran Teks Resensi Siswa Kelas XI.4 Fase F SMA Negeri 1 Payakumbuh

Authors

  • Fildzah Heriani Fildzah Universitas Negeri Padang
  • Herlin Triana Uiversitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jeli.v3i1.73

Keywords:

strategi bertutur, tindak tutur direktif, teks resensi

Abstract

Guru perlu memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif dan strategi komunikasi yang digunakan oleh guru selama pengajaran. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang temuan. Penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif dalam bentuk bahasa lisan, teks tertulis, dan perilaku individu yang diamati. Temuan menunjukkan bahwa, di antara tindak tutur direktif seperti bertanya, memerintah, memohon, menasihati, menyarankan, dan menantan, tindak tutur yang paling sering digunakan adalah bertanya, dengan 102 tuturan, sedangkan menasihati adalah yang paling jarang digunakan, dengan hanya 1 tuturan. Selain itu, studi ini juga mengeksplorasi strategi bertutur yang digunakan oleh guru selama pembelajaran, yang dominan digunakan yaitu strategi Bertutur Terus Terang tanpa Basa-basi (BTTB) yang ditemukan sebanyak 144 data. Ketika guru menyampaikan tuturannya secara langsung tanpa basa-basi siswa akan mudah memahami dan dapat menciptakan hubungan yang harmonis sehingga komunikasi yang terjalin menjadi bagus. Melalui komunikasi dan tuturan yang bagus dan efektif, interaksi yang variatif, srerta menunjukkan kepedulian, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan siswa, yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar yang lebih baik.

References

Austin, J. L. (1962). How To Do Things With Words. Oxford. Clarendon Press.

Brown, P., & Levinson, S. (1987). Politeness: Some Universals in Language. Cambridge, England: Cambridge University Press.

Finasti, A. A., & Noveria, E. (2024). Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(2). 179886-17994.

Has, E., & Amir, A. (2024). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pariaman. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin. 8(8).

Hildawati, H, Suhirman, dkk. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa Data Statistik. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jeri, E. (2022). Tindak Tutur Direktif dalam Novel Lebih Senyap dari Bisikan Karya Andina Dwifatma (Kajian Pragmatik). (Doctoral dissertation). Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Lukman, L., & Said, I. M. (2022). Strategi Kesantunan Pemain Game dalam Saluran Youtube “Jess No Limit”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra. 8(1). 63-76.

Maghfiroh, N. (2022). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-hari. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. 19(02). 102-107.

Mahesra, Moulidya. (2022). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran di kelas X SMA Negeri 3 Padang. (Skripsi). Padang: FBS UNP.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Manurung, L. W. (2021). Strategi Bertutur Menolak dan Strategi Kesantunan Dalam Peristiwa Tutur Marhata Sinamot (Negosiasi Mahar) Pada Pernikahan Adat Batak Toba. (Doctoral Dissertation). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Marwati, H., & Waskitaningtyas, K. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Jakarta: In Static. Buku.Kemdikbud.Go.Id.

Sanajaya, S., Saragih, G., & Restoeningroem, R. (2021). Kohesi Gramatikal dan Kohesi Leksikal dalam Kumpulan Cerpen Konvensi Karya A. Mustofa Bisri. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 3(03). 261-267.

Searle, J. R. (1969). Speech Acts: An Essay in the Philosophy of Language. Cambridge: Cambridge University.

Syahrul, R. (2017). Buku Ajar Metodologi Peneletian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: Sukabina Press

Triana, H., Mufrihah, M., Syukri, H., Haron, R. B., & Indriyani, V. (2024). Illocutionary Force in @Udario.Id Instagram Content Promotion. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra. 19(1). 46–53. https://doi.org/10.18860/ling.v19i1.25898

Wandan Sari, D. (2024). Tindak Tutur Direktif Antara Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX-H SMP Negeri 14 Kota Jambi. (Doctoral dissertation). Universitas Jambi.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(1). 2896-2910.

Yani, A. P. Y., & Noveria, E. 2024. Tindak Tutur Direktif Guru dalam Interaksi Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(1). 5183-5194.

Downloads

Published

2025-06-03

Issue

Section

Articles