Struktur, Isi, dan Unsur Kebahasaan Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jeli.v2i1.42Keywords:
struktur, isi, unsur kebahasaan, teks cerita fantasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur, isi, dan unsur kebahasaan teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber datanya adalah teks cerita fantasi tertulis untuk siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi. Teknik validasi data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi (cross check). Data dianalisis berdasarkan aspek struktur, isi, dan unsur kebahasaan teks cerita fantasi. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut. Pertama, dari 20 teks cerita fantasi, 18 teks mempunyai struktur orientasi yang tepat, 17 teks memiliki struktur komplikasi yang tepat, 14 teks memiliki struktur resolusi yang tepat, dan 15 teks memiliki struktur coda yang tepat. Kedua, dari segi isi, siswa mampu menuliskan isi teks cerita fantasi dengan benar. Ketiga, dari segi unsur kebahasaan, penggunaan kata ganti secara umum sudah benar. Selanjutnya dalam penggunaan kata sambung penanda urutan waktu dan dialog kalimat langsung masih banyak ditemukan yang kurang tepat, bahkan ada yang tidak menggunakannya.
References
Aldrina, I., & Abdurrahman. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 29–36.
Chaer, A. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Fandini, I. (2018). Penguasaan Struktur Teks Dan Unsur Kebahasaan Cerita Fantasi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Makasar).
Harsiati, T. (2016). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hartendi, B., & Nursaid. (2019). Struktur, Majas, dan Konjungsi Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 30–38.
Listikal, E. (2023). Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kerinci. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Padang).
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Remaja Rosdaka.
Mushoffa, K. (2021). Peran Bimbingan Keberagamaan Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Konsumtif Remaja di Desa Mayong Lor. (Skripsi Sarjana, IAIN KUDUS).
Nurhafika, & Hafrison. (2019). Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerita Fantasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3), 153–160.
Putri, D. E. (2018). Struktur dan Kebahasaan Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII UPT SMP Negeri 1 Batang Kapas. (Skripsi Sarjana, Universitas negeri Padang).
Salsabilla, R. S. (2022). Struktur, Isi, dan Penerapan EBI Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. (Skripsi Sarjana, Universita Negeri Padang).
Subarna, R., Dewayani, S., & Setyowati, E. (2021). Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wahono, Sawali, & Mafrukhi. (2021). Marbi Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Yahya, Y., Yulistio, D., & Arifin, M. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(3), 350–355.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hidayatul Fitri, Andria Catri Tamsin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.